Belajar OOP (Object Oriented Programming) Dengan PHP

Programming procedural memang sudah menjadi trend di dunia programming, khususnya dalam bahasa pemograman jadul, seperti Pascal, COBOL, C, BASIC, dll. Tapi trend programming sekarang sudah berubah dimana konse Object Oriented Programming (OOP), diantara kelebihan OOP adalah sebagai berikut :

 



  1. Dalam menggunakan sebuah class cukup sekali tidak perlu dituis berkali-kali.
  2. Dapat menambahkan fitur pada class tanpa mengedit class asal.
  3. Menggunakan objek tanpa harus tahu teknis yang ada didalamnya.
  4. Data yang digunakan dalam bentuk private hanya bisa di akses oleh fungsi lokasi, sehingga tidak perlu khawatir untuk berpengaruh pada fungsi lainnya.
  5. Dalam pembuatan library sangat mudah dalam penggunaan. Library java kian bertambah karena meningkatnya dalam pembangunan aplikasi sehingga library juga ikut meningkat untuk memudahkan programer dalam pembangunan aplikasi. Serta tampilan yang cukup rapi.
  6. Memiliki sintak seperti bahasa C maupun C++.
  7. Dapat mengatur memori secara langsung tanpa programer mengatur memori secara manual.

Sebagai salah satu bahasa programming yang sedang hits saat ini, PHP juga mendukung konsep Object Oriented Programming (OOP), walaupun OOP biasanya dipakai oleh yang sudah mahir programming.  Tapi tenang, OOP dalam PHP tidak sulit kok. Jika kita mempelajarinya secara pelan-pelan asalkan betah di ulang-ulang dan sambil praktek, nanti juga bisa dan terbiasa juga kok. Buktinya sekarang saya sudah terbiasa dengan gaya object oriented untuk membuat program / web. Oke, saya rasa cukup untuk teori pengenalannya, kita langsung lanjut ke topik pembelajaran PHP Object Oriented Programming.

Untuk memahami tentang OOP ada beberapa yang harus diketahui dahulu, diantaranya saya telah buah beberapa tutorial berikut :

  1. Mengenal Class, Property, dan Method
  2. Mengenal Constructors & Destructors
  3. Aksesbilitas Property dengan Encapsulation
  4. Inheritance / Pewarisan

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar