Lakukan Hal ini, pasti kuliah kamu sukses dan cepat lulus

KULIAH merupakan jenjang pendidikan setelah sekolah menengah atas. Kuliah dimasa sekarang bukan hal yang langka sebagaimana zaman dahulu. Dengan banyaknya bermunculan kampus-kampus baru dengan harga yang relative terjangkau dan juga berkualitas menjadikan kuliah hal yang lumrah di masyarkat Indonesia.

Di zaman sekarang dengan segala kemudahan fasilitas IT nya, mendapatkan informasi untuk belajar khususnya ketika kuliah adalah hal yang mudah, ditambah era smartphone dan social media seperti sekarang ini sangat memudahkan dalam hal transfer informasi.




Berikut beberapa tips penunjang kuliah yang bisa membantu kamu.

1. Niatkan yang tekat

Berawal dari niat yang tekad menjadikan fondasi kuliah kamu menjadi kuat. Kuliah adalah gampang-gampang susah, secara waktu kita bisa lebih longgar bila dibanding dengan waktu SD,SMP, atau SMA, dimana jadwal bisa fleksibel, bisa setiap hari tapi cuma satu matakuliah, bisa cuman 2 hari tapi padat, intinya banyak waktu luang yang bisa kita isi dengan kegiatan yang membantu kuliah kita. Sekali lagi tancapkan niat kuat bila perlu tulis di kamar atau kontrakan kamu tulisan yang memotivasi kamu tetap semangat kuliah.

Niat yang kuat
Niat yang kuat

2. Jangan terbawa arus pergaulan yang tidak baik

Kampus adalah kumpulan dari berbagai orang dari berbagai daerah dan berbagai kalangan, dengan berbagai kebiasaan juga. Posisi kampus yang rata-rata berada di perkotaan yang seperti kita ketahui bahwa pergaulan diperkotaan sudah sedikit kebarat-baratan banyak mempengaruhi para mahasiswa yang tadinya baik menjadi kurang baik, yang tadinya rajin menjadi kurang rajin. Hal ini sebagian besar diakibatkan karena salah dalam bergaul dan menerima pergaulan. Tidak jarang yang terjerumus kedalam sex bebas, narkoba, judi dan hal-hal lain yang bertolak belakang dengna kuliah. Disinilah peran niat yang tekad harus diingat kembali apa tujuan kamu kuliah dan juga selalu ingan orang tua yang senan tiasa mencari nafkah untuk kuliah kamu, kamu tidak tau betapa kerja kerasnya orang tua kamu dalam mencari uang untuk studi kamu.

Stop pergaulan bebas
Stop pergaulan bebas

3. Targetkan waktu lulus

Waktu lulus  untuk S1 paling cepat 3,5 tahun, lamanya bisa sampai 8 tahun bergantung kebijakan kampus dan pemerintah. Tentu kita harus mentargetkan lulus dalam waktu secepat-cepatnya. ada yang bila buat apa cepat-cepat lulus itu sama artinya cepat-cepat nganggur. Jangan terpengaruh dengan kata-kata orang yang menurunkan semangat kita untuk mengejar target lulus. Dengan cepat lulus minimal orang tua kita tidak terlalu lama memikirkan uang kuliah kita (bagi yang masih dikasih orang tua)

Cepat lulus
Cepat lulus





4. Cari beasiswa dan penghasilan tambahan

Beasiswa
Beasiswa

Cara ini gampang-gampang susah dan sangat membantu kamu dan orang tua ksusnya dalam pembiayaan. INGAT tidak punya uang bukan alasan untuk berhenti Studi. Selama kita punya niat yang kuat dan usaha yang tekun, jalan untuk lancar studi selalu terbuka lebar entah jalanya seperti apa yang penting halal.

Mencari beasiswa adalah salah satu caranya. banyak beasiswa dari pemerintah atau swasta yang ditawarkan. Tentu kamu butuh perjuangan untuk mendapatkannya. berikut beberapa jenis beasiswa yang bisa buat rujukan kamu

  • Beasiswa LPDP
  • Beasiswa Djarum
  • Beasiswa dari kampus kamu sendiri
  • Beasiswa BIDIK MISI.

Selain beasiswa kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan yang lain seperti membuka les private, jualan online dan lainya yang tentunya tidak mengganggu waktu kuliah kamu.

5. Selalu minta doa orang tua dan mendoakan orang tua

doa ibu
Doa ibu

Yang terakhir ini sering mahasiswa lupakan dan kesampingkan, walaupun orang tua akan selalu mendoakan tapi kita juga haru selalu mendoakan mereka supaya diberi kesehatan supaya bisa mendampingi kalian sampai kalian lulus.

 

Demikian beberapa tips lancar studi dari dthan.net. “Keep Enjoy Reading”



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar