Gowes palintang to kiarapayung

Gowes atau bersepada adalah salah satu olah raga yang banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa. salah satu kategori gowes yang banyak digemari adalah MTB(mountain Bike) atau sepeda gunung.
Bandung merupakan salah satu daerah dengan alam indah dan banyak pegunungan yang menawan. bagi para pencinta sepeda gunung alam pegunungan di kota Bandung sangat cocok untuk dijadikan tempat memacu andrenaline dalam sepeda gunung.
salah satu trek yang sangat cocok untuk patut dicoba adalah trek palintang ke kiara payung.
palintang adalah salah satu daerah yang terletak di bandung timur atas, salah satu jalan untuk mencapai palintang adalah dari ujung berung.
Ketika itu tanggal 7 juni 2015 Bank BRI mengadakan kegiatan bersepeda dalam rangka “BRI Adventure” dan mengambil trek palintang-kiara payung.
saat itu syarat pendaftaran nya juga sangat mudah, cukup buka rekening dengan saldo minimal 500.000 atau top up tabungan BRI senilai 25 juta, saat itu saya daftar dengan buka rek baru.
dan perjalanan pun dimulai, minggu pagi tanggal 7 juni start dari BRI dengan loading sepeda ke palintang (karpet).

 

P_20150607_062146_NT

Start loading dari BRI ujung berung

Lama loading dari ujung berung ke palintang sekitar 30 menit, setelah sampai di puncak palintang (karpet) peserta berkumpul untuk mulai start secara bersamaan dari puncak palintang (karpet) .

Jpeg

Start dari puncak palintang (karpet)

Jpeg

Peserta berkumpul sebelum mulai start

Start dimulai dengan memasuki single track yang melewati perkebunan warga, dari saat start kita langsung disuguhkan pemandangan alam yang indah dengan disertai berpapasan dengan penduduk sekitar yang saat itu sedang panen kol.

trek yang dilalui bermacam-macam mulai dari turunan,tanjakan, datar, jalan berlumpur. karena banyak nya peserta perjalanan sempat tersendat-sendat karena gantian melewati beberapa turunan tajam yang hanya bisa dilewati perorangan.

tersendat di turunan

tersendat di turunan

di beberapa turunan ada satu turunan yang sangat berbatu, perlu ekstra hati-hati melwatinya

turunan berbatu

turunan berbatu

Setelah melewati turunan sekitar setengah jam yang diakhiri dengan turunan berbatu kita sampai di pos satu, di sana terdapat sebuah warung yang menyediakan minuman dan  makan ringan seperti bala-bala, kopi, susu, cocok untuk dijadikan tempat istirahat.

warung pos pertama

warung pos pertama

Setelah berhenti di pos pertama, kita melanjutkan lagi perjalanan, kali ini trek yang kita lewat adalah trek datar yang lumayan berlumpur, setelah melewati trek datar berlumpur dan sedikit tanjakan kita sampai di turunan kebun pinus yang sangat indah

Turunan kebun pinus

Turunan kebun pinus

Setelah turunan kebon pinus, ada salah satu turunan sangat curam, sebaiknya tidak menunggangi sepeda di turunan ini. Berikut nya kita melewati trek datar yang sebelah kanan nya sungai kecil dan kiri nya tebing sangat curam, disini harus sangat hati-hati, ada salah satu peserta yang terperosok ke tebing. Kemudian kita dihadapkan pada turunan yang sangat menantang, dan setelah itu kita sampai di pos dua, disana terdapat warung seperti di pos pertama.

warung pos kedua

warung pos kedua

Kita berhenti sejenak di pos kedua ini, karena jarak dari pos satu ke pos dua sekitar 1 jam setengah, kemudian meneruskan lagi ke trek berikut nya, kali ini trek nya turunan semua dan sudah mulai perkebunan dan masuk ke persawahan dan pemukiman warga.

trek sawah

trek sawah

Setelah melewati turunan persawahan dan pemukiman warga, jarak ke finish (kiara payung) lumayan masih jauh sekitar 8 kilo meter lagi, tapi trek nya turunan semua. dan akhirnya setelah sekitar 4 jam perjalanan dari palintang, kita sampai di finish di kiara payung.

Finish kiara payung

Finish kiara payung

Setelah finish kita di kasih makan nasi box yang disediakan panitia, hiburan organ tunggal, dan juga dorprize.

ada banyak dorprize, diantaranya 3 sepeda gunung, dan satu buah TV 32′.

Hiburan dan dorprize

Hiburan dan dorprize

Setelah hiburan dorprize sepeda di loading kembali ke start yaitu BRI Ujung berung.

Loading pulang

Loading pulang

begitulah sedikit sharing tetang pengalaman saya mengikuti event gowes BRI dari palintang – kiara payung. semoga jadi bahan bacaan yang bermanfaan dan menjadi referensi bagi para pencinta sepeda untuk mencoba trek ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *